Ini Loh Penyebab Bibir Jadi Gelap

Memiliki bibir merah segar atau setidaknya warna alami kulit tentu selain enak dipandang mata juga menandakan kesehatan yang terjaga.

Namun tak jarang bibir menjadi hitam dan kusam seperti tak terawat. Mau tahu apa saja yang membuat warna bibir menjadi hitam? simak berikut ini seperti dilansir dari boldsky.

Merokok

Bibir gelap adalah efek samping dari merokok. Nikotin menyebabkan perubahan warna gelap pada bibir. Ini juga yang menjadi salah satu alasan utama mengapa orang harus berhenti merokok.

Cafein

Cafein juga dapat menyebabkan warna bibir menjadi gelap. Karenanya selalu ada himbauan untuk tidak minum minuman yang mengandung cafein seperti kopi atau teh secara berlebih. selain itu jangan lupa untuk tetap minum air putih setelah minum teh dan kopi.

Paparan sinar matahari

Sinar matahari yang berlebih bisa meningkatkan produksi pigmen melanin dalam bibir. Perlu diketahui bibir kita sangat sensitif paparan sinar matahari secara terus menerus, ini bisa menyebabkan warna bibir menjadi gelap. Karenanya perlu dihimbau agar melindungi bibir dengan lip balm.

Produk kecantikan untuk bibir

Tak semuanya produk kecantikan membantu membuat penampilan lebih cantik. Apalagi jika yang digunakan kualitas rendah , pelembab dan lipstik hanya akan merusak warna bibir. Ingat juga masa berlaku penggunaan produk.

Dehidrasi

Dehidrasi tak hanya akan membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, kekurangan air juga akan membuat warna kulit bibir kering.

Mengusap bibir

Para ilmuwan telah membuktikan, mengusap bibir atau menggigitnya bisa menyebabkan pigmentasi gelap pada bibir. Menjilati bibir untuk membuat mereka tetap basah justru akan membuat bibir pecah-pecah dan gelap karena air liur membuat kering lebih cepat.

Diet vitamin C

Diet vitamin C dikenal dapat menghilangkan pigmentasi bibir. Karena itu kekurangan vitamin akan membuat bibir lebih gelap.

Alergi

Misalnya alergi terhadap kosmetik bibir yang mungkin mengandung perwarna atau parfum yang menyebabkan reaksi alergi tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s