7 Kebiasaan Ringan yang Bisa Membuat Tubuh Kelelahan

Tubuh lemas dan terasa lelah tidak hanya disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berat. Pasalnya, kebiasaan-kebiasaan ringan harian pun sebenarnya bisa membuat tubuh seperti tidak bertenaga. Hanya saja kadang hal tersebut tidak disadari dan dianggap remeh.

Dikutip dari Huffington Post, ada lima kebiasaan ringan yang bisa menimbulkan efek kelelahan bagi tubuh jika dilakukan terlalu sering:

Sarapan tanpa melibatkan unsur karbohidrat. Kadang sebagian orang mengganti sarapan pagi dengan teh atau kopi. Padahal untuk memberikan energi tubuh sampai jam makan siang tiba, Anda memerlukan karbohidrat. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal American Dietetic Association menyebutkan, mengonsumsi karbohidrat dalam kadar yang selalu rendah justru dapat menimbulkan kelelahan yang lebih besar dan enggan untuk berolahraga. Selingi jadwal pagi Anda dengan makanan berkarbohidrat untuk menyuplai energi  dari proses metabolisme. Selain itu, karbohidrat akan menjaga energi otak Anda agar  tidak sampai dipakai untuk mengganti massa otot yang hilang karena kurang energi.
Mengonsumsi obat resep terlalu lama. Penggunaan dua atau lebih dari obat yang diresepkan dalam jangka panjang bisa membuat tubuh Anda kelelahan. Penyebabnya adalah organ liver (hati) jenuh untuk membebaskan racun dari tubuh. Jika Anda sering merasa lelah setelah cukup lama mengonsumsi obat, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dan, ada baiknya Anda hanya mengonsumsi obat-obat kimia yang penting saja.
Ruangan yang selalu berantakan. Tempat kerja atau rumah yang berantakan juga akan memicu kelelahan bagi tubuh. Penyebabnya yaitu otak Anda yang membuat perasaan lelah itu datang. Otak akan merespons kekacauan itu  dengan negatif dan akhirnya merasa kewalahan sendiri. Solusinya, rapikan dengan segera area yang berantakan. Jika tidak mampu langsung secara keseluruhan, maka rapikan dengan mencicilnya di area yang paling Anda butuhkan agar mood terjaga. Setelah itu, Anda tinggal mengurusi sisanya saat luang.
Mengonsumsi minuman energi. Dalam minuman ini terkandung vitamin B dan taurin. Sebenarnya minuman ini bisa membuat tubuh merasa lelah. Pasalnya, tubuh tidak mudah untuk melakukan metabolisme vitamin B  dalam bentuk yang terisolasi seperti pada minuman energi. Minuman ini malah memicu tubuh gelisah dan lelah.
Memakai komputer. Terlalu lama di depan monior komputer dapat menyebabkan computer vision syndrom  yang membuat mata lelah dan tubuh pegal-pegal. Gejalanya berupa kelelahan, pandangan kabur, hingga sakit kepala. Kontrol mata Anda untuk mengalihkan pandangan ke arah objek yang lebih jauh setelah di depan komputer, setiap 20 menit sekali.
Kurang makan sayuran. Mikronutrien yang ada dalam buah dan sayuran diperlukan agar mendapatkan kesehatan yang optimal. Kekurangan antioksidan misalnya, membuat tubuh mengalami penuaan dini yang membuat sel-sel tubuh melemah. Hal ini bisa memicu kelelahan dan berisiko hadirnya sel kanker.
Terlalu sering berolahraga. Overdosis dalam berolahraga juga dapat membuat tubuh kelelahan. Batasi aktivitas olahraga Anda menurut kemampuan tubuh meresponsnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s