Manfaat Penting Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

Manfaat kacang kedelai | tipsjitu.com

Siapa yang tak kenal dengan kacang kedelai. Banyak makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari seperti kecap, tempe, dan tahu ternyata berbahan dasar kacang kedelai.

Kedelai (glacine max) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang sejatinya berasal dari Cina dan telah dibudidayakan disana selama lebih dari 13 ribu tahun yang lalu. Kedelai, yang biasanya ditambahkan kata “kacang” di depannya, pertama kali diperkenalkan ke Jepang sebelum menjadi popular di Negara-negara Asia lainnya.

Kacang kedelai terkenal dengan nilai gizinya dan merupakan salah satu makanan yang mengandung 8 asam amino yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tidak seperti makanan lain yang mengandung lemak jenuh dan tidak dapat dicerna, kacang kedelai tidak mengandung kolesterol, mempunyai rasio kalori rendah dibandingkan dengan protein dan bertindak sebagai makanan yang tidak menggemukkan bagi penderita obesitas.

Kacang kedelai juga mengandung kalsium, besi, potassium, dan phosphorus. Kedelai juga kaya akan vitamin B kompleks. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin :

* Sumber protein nabati yang terbaik
* Meningkatkan metabolism tubuh
* Menguatkan system imunitas tubuh
* Menstabilkan kadar gula darah
* Melindungi jantung
* Menambah daya ingat
* Membentuk tulang yang kuat
* Menurunkan resiko sakit jantung
* Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
* Mencegah menopause bagi wanita
* Menurunkan resiko kanker payudara
* Menurunkan resiko kanker prostat
* Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke
* Menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan
* Dapat menghasilkan sperma yang berlebih

Tepung kedelai juga mengandung zat Isoflavon, dimana zat ini mampu mengurangi keriput pada kulit dan merangsang pembentukan kolagen. Kandungan Isoflavon pada tepung kedelai juga ternyata lebih baik 6-7 kali lipat dibandingkan susu kedelai. Nah, sebagai salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang, maka tak heran jika kacang kedelai sekarang sudah ditransformasi menjadi makanan yang lebih nikmat untuk dimakan. Tempe mendoan, tahu gejrot, ulukutek, tahu aci, yogurt, susu kedelai, dan sup miso adalah beberapa makanan yang berbahan dasar kacang kedelai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s