Cara Mudah Kenali Aplikasi Berbahaya Pada Android

Tidak bisa dipungkiri, android mempunyai banyak kelebihan bila dibandingkan dengan OS lainnya. Terkadang tanpa Anda sadari, ponsel android Anda bisa terkena dampak buruk akibat kurangnya kehati-hatian anda sendiri.

Bisa jadi, Cara Kenali Aplikasi Android Yang Berbahaya, dapat membantu Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sisi lain kelebihan Android adalah aplikasi yang sangat komplit, sekaligus punya tampilan game yang jauh lebih baik dibandingkan OS lainnya.

Anda harus berhati-hati, pada saat ini malware sudah banyak bertebaran. Jangan asal download aplikasi tanpa mewaspadai bahaya yang setiap saat bisa mengancam.

Pada kesempatan kali ini, Aan Shared ingin berbagi kepada Anda bagaimana caranya bisa mengenal lebih detail lagi aplikasi- aplikasi yang mungkin berbahaya bagi ponsel android anda.

Berikut ini adalah Tips Kenali Aplikasi Android Yang Berbahaya

1. Usahakan untuk mengecek Review/ulasan di Internet dulu.

Sebelum anda install aplikasi lebih baik anda liat review aplikasi tersebut. Lakukan review lebih dari 3 sumber dan lihat testimoni/komentar para pemakainya agar keabsahan aplikasi itu benar-benar asli dan tidak berbahaya. Hal yang sepele namun bisa sangat bermanfaat bagi Anda.

2. Jangan lupa cek App Permission

Sebelum diinstal, aplikasi akan meminta hak akses (permission) ke hardware dan software perangkat Anda, seperti daftar kontak, lokasi, koneksi internet, dan sebagainya.

3. Jangan lupa memasang Anti Virus.

Walaupun banyak orang beranggapan cara ini tidak ampuh namun tidak salahnya Anda coba. Lengkapi ponsel anda dengan sistem keamanan, sekarang banyak pengembang anti virus yang menghasilkan produk gratis dan lumayan untuk mencegah yang namanya malware. Jadi, jangan sepelekan antivirus ya!

4. Download dari situs yang terkenal dan terpercaya.

Saat ini situs yang menyediakan aplikasi dan game Android yang legal adalah di Market Android dan Google Android Market, sebelum di download lihatlah review dan komentar dari aplikasi. Insya Allah, semua aplikasi yang Aan Shared bagikan disini, termasuk aplikasi yang aman dari berbagai virus dan sejenisnya.

5. Cek Rating atau Reputasi Aplikasi

Saking cerdasnya para cyber, mereka dapat menginjeksi aplikasi yang asli dengan malware dan lalu di publikasikan lagi. Sebelum anda download lebih baik anda liat ratingnya, semakin tinggi rating berarti aplikasi tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang.

Jadi, berhati-hatilah terhadap aplikasi yang rating dan reputasinya belum tinggi dan populer meskipun tidak semua aplikasi yang berating rendah berisiko. Namun anda tetap harus berhati-hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s