Unsur Di Alam (VIII): CRYOLITE [ Halides ]

Na3AlF6, natrium aluminium Fluoride

Sebagai bantuan untuk pengolahan aluminium dan menggunakan industri lainnya dan sebagai spesimen mineral
Cryolite merupakan mineral jarang distribusi alam yang sangat terbatas. Sebagian besar dianggap sebagai salah satu dae mineral, karena meskipun ada beberapa locallities kecil lainnya, itu hanya ditemukan dalam jumlah besar di pantai barat Greenland.
Itu digunakan sebagai pelarut dari aluminium yang kaya bijih, bauksit, yang merupakan kombinasi dari aluminium oksida seperti gibsit boehmite dan diaspore. Hal ini sangat sulit untuk menghapus atom aluminium dari atom oksigen yang diperlukan untuk menghasilkan logam aluminium. Cryolite membuat fluks yang sangat baik untuk membuat proses lebih murah. Sekarang terlalu jarang digunakan untuk tujuan ini dan aluminium natrium fluorida diproduksi artifisial untuk mengisi kekosongan.
Sebuah catatan penasaran cryolite adalah fakta bahwa ia memiliki indeks rendah bias yang mendekati air. Ini berarti bahwa jika emersed dalam air, kristal berwarna sangat jelas dari cryolite atau bubuk cryolite dasarnya akan hilang. Bahkan spesimen berawan cryolite akan menjadi lebih transparan dan ujung-ujungnya akan kurang jelas, efek yang mirip dengan es dalam air kecuali bahwa mengapung es.

Karakteristik Fisik
Warna: bening atau putih hingga kekuning-kuningan, tetapi juga bisa berwarna hitam atau ungu
Luster: vitreous
Transparansi: kristal yang transparan untuk tembus
Sistem kristal: monoklin; 2 / m
Kristal Kebiasaan:
biasanya besar dan sebagai kristal pseudo-kubik, beberapa dengan truncations pseudo-oktahedral
Pembelahan:
absen, tapi tiga arah perpisahan menghasilkan apa yang tampak seperti belahan dada pseudo-kubik
Fracture: tidak merata
Kekerasan: 2,5 – 3
pecific Gravity: 2.95 (rata-rata)
Streak: putih
Lainnya:
indeks bias adalah 1,338 yang dekat dengan indeks bias air. Akibatnya, kristal kriolit jelas atau bubuk cryolite hampir akan hilang dalam air. Juga tidak ada rasa asin yang membantu dalam membedakan cryolite dari halit mineral
Associated Mineral:
termasuk siderit, kuarsa, topaz, fluorit, kalkopirit, galena, kasiterit, molibdenit, columbite dan wolframite
Kemunculan utama:
termasuk Ivigtut wilayah Greenland dan juga di kaki Pikes Peak di Creede, Colorado, Amerika Serikat, Mont Saint-Hilaire dan Francon Quarry, Montreal, Quebec, Kanada dan di Miask, Rusia
Indikator terbaik:
kurangnya rasa asin, densitas, indeks bias, dae dan kebiasaan kristal

Tinggalkan komentar