Dimengerti bukan Dihapal!!

Tidak jarang semua pengetahuan yang sudah kita baca hilang begitu saja apalagi jika tidak dipelajari secara berulang-ulang. Dalam hitungan jam saja kita bisa lupa, bagaimana nanti dalam hitungan bulan? Tahun? Wah, bisa-bisa kita mengulang buku bacaan tadi. Kalau begitu percuma dong baca buku?

Otak manusia bukanlah komputer tapi jaringan saraf yang terhubung satu sama lainnya. Untuk itulah terkadang manusia mengalami ‘lupa’ karena sistem jaringan saraf menghubung-hubungkan berbagai macam ide menjadi satu kesatuan. Daripada membuang waktu untuk menghapal, lebih baik berusaha memahami materi. Kalau menghapal hanya nempel di luar kepala saja tapi kalau dipahami atau dimengerti tidak akan hanya menempel di kepala tapi juga di otak sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memahami materi, bukan hanya sekadar menghapal.

1. Jadilah Anak yang Kritis
Jangan puas hanya dengan membaca buku atau jawaban yang kamu terima. Buatlah diri kamu penasaran dengan apa yang sedang kamu pelajari. Karena semakin banyak kamu belajar kamu akan sadar bahwa semakin sedikit yang kamu ketahui.

2. Jangan Malu Bertanya
Jangan anggap murid yang sering bertanya itu bodoh. Dengan bertanya akan mempermudah kita untuk mengingat serta meningkatkan rasa penasaran kita terhadap suatu jawaban.

3. Berusaha Mencari Jawaban
Pertanyaan-pertanyaan yang ada diotak kamu tentu memerlukan jawaban. Kamu bisa mencarinya lewat buku, bertanya pada orang yang ahli, atau menggunakan internet.

4. Banyak Membaca
Jangan pernah malas untuk membaca sebab membaca adalah jendela dunia. Jika tidak ada uang untuk membeli buku, rajin-rajinlah datang ke perpustakaan. Semakin kamu rajin membaca maka kamu akan mudah memahami materi tersebut.

5. Jangan Pernah Bolos Materi
Ketika takut pada pelajaran itu karena tidak bisa dan memutuskan untuk tidak masuk kelas itu adalah tindakan bodoh. Karena ketika kamu tidak masuk kelas otomatis kamu akan ketinggalan pelajaran dan beban kamu untuk mengerti akan tambah susah. Jadi, jalan keluarnya adalah belajar materi tersebut kemudian pahami.

6. Ringkas dengan Bahasa Sendiri
Cara ini lumayan efektif untuk materi yang sulit dipahami. Menulis ulang materi yang kamu dapat di buku catatan pribadi menggunakan bahasa sendiri tentu akan mudah mengerti. Mungkin juga dengan catatan warna-warni sehingga tidak hanya kamu hapal tetapi mudah dimengerti.

7. Jangan Lupa Dipraktekan!
Segala sesuatu mengenai ilmu pengetahuan kalau belum dipraktekkan rasanya kurang afdol. Makanya setiap materi yang kamu dapat bisa langsung kamu praktekkan. Seperti mengerjakan soal hitungan yang menggunakan rumus atau praktek di laboratorium. Otomatis kamu mengulang kembali materi dan berusaha untuk selalu ingat. Jangan pernah takut salah sebab kita akan selalu belajar dari kesalahan. Selamat berjuang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s