Pengalaman Kerja Sebelum Lulus Makin Penting

Selama ini, banyak lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bahkan lulusan perguruan tinggi yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, mereka belum memiliki pengalaman kerja yang memadai.

Banyak alasan seseorang belum memiliki pengalaman kerja saat lulus perguruan tinggi. Salah satunya, kesulitan memperoleh tempat untuk magang. Oleh karena itu, pentingnya pengalaman kerja mendorong Jos Luhukay berinisiatif membuat magangindonesia.com yang berisi informasi lowongan magang di perusahaan yang ada di Indonesia untuk anak-anak SMA/SMK dan juga calon lulusan perguruan tinggi.

“Saat ini lulusan SMA atau SMK atau fresh graduate dari perguruan tinggi kadang terganjal masalah ijazah dan pengalaman kerja saat ingin memasuki dunia kerja,” kata Jos saat peluncuranmagangindonesia.com di Kampus Bina Nusantara (Binus), Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Ia mengakui, untuk lulusan SMA atau SMK memang tidak memiliki banyak pilihan mengingat hampir semua perusahaan memberikan syarat bagi karyawannya minimal mengantongi ijazah S1. Memiliki gelar sarjana juga tidak menjadi jaminan mudah mencari kerja karena banyak perusahaan yang meminta adanya pengalaman kerja.

“Bagaimana mau punya pengalaman kerja kalau saat akan bekerja dibutuhkan pengalaman kerja?” ujar Jos.

Untuk mengatasi hal ini, magang menjadi pilihan tersendiri agar seseorang memiliki pengalaman kerja di bidang yang diminatinya. Pasalnya, kualitas pendidikan yang baik tidak akan menjamin lulusannya apabila tidak terlatih untuk bekerja di bidang yang ingin ditekuninya.

“Hasil lulusan di Indonesia bisa jadi lebih baik dibandingkan negara lain. Tapi kalah bersaing karena hanya paham teori tapi tidak tersertifikasi dengan baik untuk praktik,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s