Asah Kreatif dan Percaya Diri dengan Rajin Presentasi

Mengasah kreativitas dan percaya diri seseorang dapat dilakukan melalui presentasi atau paparan di depan forum. Dengan rajin berbicara di depan publik, seseorang dipersilakan untuk memaparkan idenya dan didorong untuk membagi ilmunya pada rekan yang lain sehingga tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tapi juga orang lain.

Salah seorang perwakilan dari PT. Pertamina, Faisal Yusra, mengatakan bahwa salah satu kunci sukses seseorang dalam sebuah pekerjaan maupun sebuah kelompok adalah kemauan untuk membagi ilmu. Hal ini diwujudkan oleh tempat kerjanya melalui forum konvensi presentasi yang memberi ruang bagi seseorang untuk mengembangkan inovasi.

“Forum konvensi presentasi ini jadi ajang berbagi pengetahuan dan saling belajar. Jadi ada timbal balik di dalamnya,” kata Faisal dalam acara Indonesian MAKE Study 2013 di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Pada awalnya, forum ini hanya menjadi media unjuk gigi bagi para karyawan perusahaannya dimana para peserta forum terus berkeinginan untuk membantah apa yang dipaparkan dan orang yang melakukan presentasi juga menutup diri untuk dikritik. Akibatnya, forum tersebut tidak mencapai tujuan yang diharapkan.

“Akhirnya sepakat untuk diubah caranya. Boleh memberikan ide lain tapi bukan untuk unjuk gigi dan niat membantai orang lain. Ditekankan idenya berbagi ilmu,” ujar Faisal.

Seiring berjalannya waktu, forum ini berhasil menjembatani munculnya ide-ide segar untuk pengembangan usaha. Di sisi lain, para karyawannya juga bertransformasi menjadi sosok kreatif yang percaya diri dan memiliki kemampuan pengendalian emosi yang baik saat harus berbeda pendapat dengan orang lain yang berbeda visi.

“Hasilnya cukup baik. Value dari perusahaan meningkat. Kalau dulu orang malas datang sekarang jadi dinanti-nanti karena selalu ada ide yang inovatif dari kemauan untuk belajar dan berbagi,” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s