3 Tips agar PC tidak Tersambar Petir

Akhir-akhir ini sering sekali turun hujan yang terkadang juga disertai petir yang kencang. Bagi para pengguna barang elektronik mungkin perlu sedikit waspada terhadap petir ini. Petir bisa dibilang salah satu musuh bagi barang elektronik karena sambarannya dapat merusak langsung sirkuit di dalam barang elektronik.

Tetapi sekarang teknologi sudah canggih, dan sudah banyak anti-petir yang dijual di luar sana. Tetapi tidak ada salahnya apabila tetap menjaga PC dan tips nya sebagai berikut:

1. Cabut kabel internet
Tidak jarang petir dapat menyambar melalui kabel internet. Seperti halnya ISP (Internet Service Provider) juga sering mematikan koneksi internet karena takut tersambar petir.

2. Cabut kabel dari sumber daya listrik
Hal ini yang sebaiknya dilakukan ketika anda menggunakan PC ataupun sedang charge baterai notebook anda. Arus listrik dapat sewaktu-waktu terkena dampak sambaran petir sehingga perlu diwaspadai.

3. Gunakan UPS dengan anti-petir
UPS singkatan dari Uninterruptible Power Supply atau yang biasa disebut juga battery backup, sepertinya wajib untuk dimiliki. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk memberikan daya listrik ketika listrik padam sehingga dapat memberikan sedikit jeda waktu untuk anda menyimpan pekerjaan atau tugas anda lalu mematikkan PC anda. Sekarang banyak merek yang menjual UPS termasuk dengan teknologi anti petir didalamnya, sehingga dapat mengamankan PC anda dari sambaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s