Apple Ciptakan Sumber Energi Listrik Sendiri

Apple melakukan perubahan untuk sumber energi yang digunakan pada semua pusat data miliknya. Perusahaan baru-baru ini melaporkan kalau telah memperbarui lingkungan mereka dan telah meluncurkan fasilitas baru. Di mana Apple menunjukkan bahwa mereka berhasil melakukan penghematan 75 persen dengan menggunakan energi baru.

Bahkan, Apple juga melaporkan bahwa Apple sedang berupaya menghasilkan tenaga listrik secara mandiri dengan 100 persen energi baru pada pusat data mereka di Newark, California, Prineville, Oregon, dan Maiden, North Carolina. Apa yang dilakukan Apple menunjukkan bahwa perusahaan ini sedang mencoba menghasilkan listrik secara mandiri dengan energi baru.

Pada situs resminya, Apple melansir kalau pusat data Apple telah menggunakan sumber energi baru sebagai penghasil listrik. Untuk menghasilkan listrik, Apple mengandalkan campuran dari sinar matahari, angin, dan energi panas bumi.

Untuk pusat data yang berada di Maiden, North Carolina, sekarang mengandalkan sel bahan bakar biogas yang dihasilkan sendiri, meskipun sebagian besar penghasil listriknya berasal dari 100 hektar lahan penangkap energi matahari yang mulai beroperasi secara penuh pada bulan Desember.

Pada pusat data yang berada di Prineville, Oregon rencananya akan menghasilkan listrik dengan memanfaatkan tenaga angin, surya, hidro, dan panas bumi. Apple juga mengatakan kalau mereka saat ini tengah membuat fasilitas perusahaan hijau yang bereda di Austin, Cork, Cupertino, Elk Grove, dan Munich serta beberapa situs di Australia.

Melansir dari Electronista, Jumat (22/3), untuk sementara Apple baru berhasil menghemat 75 persen listrik dengan menggantinya dengan energi baru pada akhir 2012. Penghematan ini sendiri sejalan dengan rencana CEO Apple, Tim Cook yang ingin perusahaan benar-benar didukung oleh energi terbarukan pada akhir 2013.

Untuk informasi, selama 2012 Apple berulang kali dikritik oleh Greenpeace dan kelompok lingkungan lainnya karena dianggap terlalu boros menggunakan energi listrik untuk pusat data perusahaan.

Jika dalam laporan Greenpeace tahun lalu Apple dilaporkan banyak memakai energi bahan bakar fosil dan batu bara untuk listrik operasionalnya, maka kini perusahaan telah mencoba sumber energi lain yang tentunya lebih ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s